Manfaat Kalsium untuk Kulit

manfaat kalsium untuk kulit

Merawat kulit penting banget buat penuaan yang sehat. Sayangnya, banyak orang bingung gimana caranya merawat kulit dengan baik. Nah, mari menjelaskan ini semua. 

Selain butuh banyak hal lain, kalsium adalah salah satu yang nggak boleh diabaikan buat menjaga kesehatan kulit. Di artikel ini, kita bakal bahas lebih lanjut soal manfaat kalsium untuk kulit.


Apa Itu Kalsium?

Kalsium adalah mikronutrien penting yang tubuh kita butuhkan biar tetap kuat dan sehat. Biasanya kalsium dikenal buat menjaga tulang dan gigi, tapi ternyata kalsium juga penting banget buat kulit.

Sebagian besar kalsium di tubuh kita ada di epidermis (lapisan luar kulit) dan berperan besar dalam perkembangan dan pergantian sel kulit. Ini yang bikin kulit kita kelihatan muda atau awet muda dan sehat. 

Tapi sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi sel kulit baru dan kalsium yang mendukungnya jadi melambat, yang bikin kulit keriput dan kendur.


Manfaat Kalsium untuk Rambut, Kulit, dan Kuku

Sekarang kita udah ngerti apa itu kalsium, yuk kita lihat lebih dekat manfaatnya buat rambut, kulit, dan kuku.


Rambut

Kalsium yang cukup dalam tubuh mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat karena membantu produksi hormon dan enzim penting seperti androgen dan biotin. 

Kalsium juga bantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, yang penting banget buat kesehatan rambut.


Kulit

Kalsium mendukung produksi sel kulit baru dan membantu mencegah keriput, kendur, dan kerusakan kulit. Selain itu, kalsium juga membantu menjaga hidrasi alami kulit dengan mendukung produksi sebum, yang melembabkan dan melindungi kulit kita dari kekeringan. 

Kalsium juga berperan sebagai pelindung dari sinar UV, membantu mengurangi risiko kanker kulit.


Kuku

Kalsium penting buat menjaga kesehatan kuku karena bagian dasar kuku sebagian besar terbuat dari kalsium. Kalsium yang cukup membantu menjaga kesehatan dasar kuku dan mencegah virus dan bakteri masuk ke tubuh lewat kuku yang rusak. 

Selain itu, kalsium juga membantu menjaga kekerasan dan struktur kuku.


Bagaimana Cara Meningkatkan Asupan Kalsium?

Biasanya, kalsium didapat dari makanan, terutama susu. Tapi kalau kamu nggak suka produk susu, ada sumber kalsium lain yang bisa kamu coba, seperti:

  • Kedelai
  • Salmon kalengan
  • Buah ara
  • Kacang almond
  • Sayuran berdaun hijau

Makanan-makanan ini bisa jadi suplemen alami yang membantu mencukupi kebutuhan kalsium harianmu.


Suplemen Kalsium

Kalau kamu merasa sulit mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan, kamu bisa mencoba suplemen kalsium. Menjadikan suplemen kalsium sebagai bagian dari rutinitas harianmu bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium. 

Tapi, pastikan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen vitamin.


Skincare

Kalsium juga sekarang ada loh di kandungan skincare yang memanfaatkan ion alam seperti kalsium dan magnesium untuk kulit, salah satunya adalah Xtracare skincare.

Posted in  on June 19, 2024 by Blogger Surabaya | Rey - reyneraea.com |